28 Januari 2011

Panpel PSM Libatkan Polwan dan Kowad

Bola.net - Ada yang unik dalam pagelaran laga Liga Primer Indonesia (LPI) di Makassar. Panitia pelaksana pertandingan (Panpel) PSM Makassar melibatkan petugas satuan Polisi wanita (Polwan) dan Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) mengamankan laga kandang tim Juku Eja kontra Aceh United di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Minggu (30/1).

Humas Panpel PSM, Wahyudi Muchsin, di Makassar, Jumat, mengatakan keterlibatan polwan dan Kowad diharapkan mampu meredam kemungkinan terjadinya kerusuhan yang dilakukan para penonton.

"Para penonton biasanya sangat cepat emosi jika ditegur keamanan (polisi laki-laki). Namun jika polwan atau Kowad, kemungkinan besar bisa diterima penonton karena biasanya menegur dengan cara yang lebih halus," jelasnya.

Menurut Yudi, kehadiran satuan polisi wanita dan Kowad sebagai pengamanan memang belakangan tidak pernah terlihat disetiap laga kandang PSM. Termasuk sejak tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu berlaga di Liga Super Indonesia (LSI) sebelumya.

Keputusan menurunkan satuan polwan dan Kowad juga merupakan komitmen PSM yang berupaya melakukan yang terbaik selama berlaga di Liga Primer Indonesia (LPI).

"Jumlah polwan dan Kowad yang akan kita turunkan untuk mengamankan pertandingan kandang perdana sendiri sekitar 60 orang. Kita yakin kehadirannya bisa lebih efektif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan," katanya.

Pihak panpel juga akan menurunkan 530 personil keamanan yang terdiri dari pihak kepolisian, TNI, Satpol PP, pengamanan internal yang sudah terlatih. Seluruh keamanan juga tidak diperkenankan membawa senjata api dan senjata tajam.

Selain persoalan keamanan, pihak panpel selama berlaga di LPI juga akan menyiapkan sejumlah fasilitas baru. Salah satunya dengan menghadirkan layanan hotspot gratis selama pertandingan berlangsung.

Pihak panpel juga menyiapkan diskon sebesar 20 persen untuk penonton perempuan yang berniat menyaksikan laga yang rencananya dibuka langsung Ketum PSM sekaligus Wali Kota Makasssar, Ilham Arief Sirajuddin, pukul 15.30 Wita, tersebut.

"Harga tiket juga kita kurangi dari yang dipatok pada kompetisi ISL. Ini merupakan komitmen kita untuk memberikan kemudahan kepada para pencinta setia PSM," ujarnya. (ant/fjr)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar